Word For Life

- Hidup itu seperti mengendarai sepeda. Untuk menjaga keseimbangan, sepeda harus terus berjalan. Demikian pula hidup ini.
- Tidak ada hal yang lebih lembut dari kekuatan, dan tidak ada hal yang lebih kuat dari kelembutan.
- Senyuman merupakan hal kecil yang dapat membuat hidup ini menjadi lebih mudah.
- Kesenanagan terbesar dalam hidup ini adalah melakukan hal, dimana orang lain menganggap bahwa kita tidak mampu melakukan hal tersebut.
- Terkadang manusia bisa menjadi air seperti malaikat, tapi manusia juga bisa menjadi api yang membakar semua seperti iblis.
- Setajam-tajamnya pedang pasti ada sisi tumpulnya, seburuk-buruknya seseorang pasti ada sisi baiknya.
- keindahan dalam cinta itu bukan dari pelukannya atau ciumannya tapi dari kesetiaannya.
- Saat dalam cinta tak ada orang yang cerdas.

12/08/2012

Cara Mudah Menghafal Pelajaran

Cara Menghafal Pelajaran-Menghafal pelajaran adalah suatu yang keniscayaan bagi seorang pelajar atau orang yang sedang menuntut atau mencari ilmu. Langkah awal untuk paham pada suatu mata pelajaran atau materi kuliah, biasanya dimulai dari proses menghafal dahulu tetapi sebenarnya bisa juga sebaliknya, pelajaran atau ilmu yang sedang dipelajari akan sangat mudah untuk dihafalkan jika kita tahu atau paham mengenai pelajaran yang sedang kita pelajari. Banyak, diantara kita mencari cara agar dapat menghafal pelajaran secara cepat. Orang yang gampang atau mudah menghafal pelajaran tentulah orang yang akan berhasil dalam dunia akademiknya. Sebagai seorang pelajar, teknik menghafal cepat mungkin suatu bekal yang harus diketahui, apalgi jika harus berhadapan dengan pelajaran yang membutuhkan rumus-rumus untuk penyelesaian masalahnya, contoh misalnya matematika, fisika, kimia, dan ilmu-ilmu pasti yang lain. Berikut adalah beberapa teknik yang dapat Anda gunakan untuk menghafal pelajaran dengan mudah :
1. Pertama niatkan kuat dalam hati untuk menghafal pelajaran Niat itu diibaratkan harapan atau cita-cita. Dengan niat lurus untuk menghafal pelajaran akan menjadi bekal buat Anda untuk tetap fokus sampai akhir. Niat adalah langkah awal, tetapi sesuatu yang urgent. Perjalanan seribu langkah, harus diawali dengan satu langkah kecil.2. Review Ulang Pelajaran Sebelum masuk untuk menghafal secara intensif, pastikan Anda membaca atau mereview ulang keseluruhan pelajaran yang akan dihafalkan. Ini penting, untuk mengingat kembali dan menemukan bagian-bagian mana dalam pelajaran yang menjadi point penting dari pelarajan tersebut. Tandai bagian yang penting. Langkah ini juga memberikan pemahaman awal terhadap materi yang akan dihafalkan. 3. Mulailah untuk menghafal Setelah Anda melihat dan menemukan bagian mana yang penting untuk dihafal atau bagian center atau pokok dari materi atau pelajaran yang ingin dihafalkan. Maka mulailah untuk menghafalkan bagian-bagian yang sudah ditandai tadi. Anda dapat melafalkan dengan keras atau bisa juga dalam hati. Tergantung pembawaan Anda, maksudnya sesuai dengan kesukaan Anda.4. Tuliskan dalam Kertas Kecil Materi yang sudah dihafalkan Setelah Anda menghafalkan sedikit materi atau pelajaran yang sedang mau Anda hafalkan, tambahkan elemen penguat hafalan dengan menuliskan kembali hafalan Anda dalam sebuah kertas. Gunakan kertas-kertas kecil, saat menuliskan jangan melihat buku teks. Saat Anda menuliskan hasil hafalan Anda, sebenarnya diibaratkan sebagai ujian kecil-kecilan sebagai ujian latihan sekaligus dapat melihat sebesar apa kemampuan Anda dalam mengingat pelajaran. Selain sebagai bahan evaluasi, kertas-kertas kecil yang sudah berisi isi hafalan atau ingatan Anda terhadap materi pelajaran dapat Anda bawa dalam saku Anda untuk sesekali melihatnya kembali di hari-hari berikutnya. Jadi, dengan adanya catatan-catatan kecil ini memberikan tambahan keuntungan buat Anda untuk tidak susah payah lagi membaca secara keseluruhan buku/teks pelajaran. Tips : baca potongan-potongan kertas yang berisi catatan-catatan tersebut di saat kondisi sengang, saat berkendara, dll.5. Endapkan Hafalan Anda Jika Anda sudah merasa lelah saat menghafalkan pelajaran, maka beristirahatlah. Perlu ada pengendapan materi atau pelajaran yang baru saja Anda hafalkan. Istirahatlah, bisa tidur atau keluar rumah cari suasana yang menenangkan.6. Review Ulang Hafalan Anda Setelah Anda melakukan langkah di atas, nah saatnya untuk kembali mereview atau mengingat kembali pelajaran yang sudah Anda hafalkan. Nah, dalam prosesi ini silahkan Anda ingat kembali pelajaran yang Anda hafalkan. Dan gunakan potongan-potongan kertas yang berisi catatan-catatan kecil Anda untuk membantu mengingat pelajaran Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar